Pengisian Survei Lingkungan Belajar oleh Guru dan Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Serang
Kegiatan ini didampingi oleh pengawas pembina sekolah guna memastikan proses berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan

By Administrator 12 Sep 2024, 16:21:27 WIB Sekolah
Pengisian Survei Lingkungan Belajar oleh Guru dan Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Serang

SMKN 1 Kota Serang, telah melaksanakan Survei Lingkungan Belajar (sulingjar) terjadwal yakni pada Hari Kamis, 12 September 2024. Survei ini bertujuan untuk mengukur kualitas lingkungan belajar di sekolah, baik dari segi sarana dan prasarana, kurikulum, manajemen, maupun kesejahteraan guru dan siswa. Survei ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Kemdikbudristek, yang merupakan bagian dari program peningkatan mutu pendidikan di Sekolah. Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Hasil dari Informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan memperoleh gambaran mengenai kondisi lingkungan belajar di SMKN 1 Kota Serang, guru dan kepala sekolah melaksanakan pengisian Survei Lingkungan Belajar (Surlingjar) secara langsung. Kegiatan ini didampingi oleh pengawas pembina sekolah guna memastikan proses berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Survei Lingkungan Belajar ini bertujuan untuk mengukur kualitas lingkungan belajar, yang mencakup aspek fisik, psikososial, dan sosial budaya sekolah. Hasil dari survei ini akan digunakan dalam proses Asesmen Nasional dan Tracer Study yang menjadi bagian penting untuk menyusun Rapor Pendidikan SMK. Kegiatan ini memiliki manfaat diantaranya ;

  1. Pemetaan Lingkungan Belajar mengetahui kondisi lingkungan belajar yang aktual di sekolah, baik dari aspek fisik seperti fasilitas sekolah, maupun aspek psikososial seperti interaksi antar siswa dan guru.
  2. Penilaian Mutu Pendidikan, mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan dan peningkatan guna mencapai standar mutu pendidikan nasional.
  3. Tracer Study atau Praktik Kerja Lapangan, Memantau dan mengevaluasi hasil belajar siswa serta relevansi pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Rapor Pendidikan Menyediakan data yang akurat dan komprehensif untuk penyusunan rapor pendidikan SMK yang lebih baik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang kondusif, sehingga mendukung peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di SMKN 1 Kota Serang. Dalam survei ini, sebanyak 107 guru dan 1 kepala sekolah SMKN 1 Kota Serang menjadi responden yang memberikan penilaian dan masukan mengenai lingkungan belajar di sekolah. Jumlah responden ini 100%  guru yang terdaftar di dapodik. Survei ini menggunakan instrumen kuesioner online yang disediakan oleh Kemdikbudristek dengan laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/ bisa menggunakan laptop atau handphone bapak/ibu guru. Kuesioner ini terdiri dari beberapa aspek yang berkaitan dengan lingkungan belajar, seperti sarana dan prasarana, kurikulum, manajemen, kesejahteraan guru dan siswa, serta hubungan antara sekolah dengan masyarakat.

Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi SMKN 1 Kota Serang dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar di sekolah.

Smeksa Bersinergi – Berprestasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment